harus tau
Dari rumus di wikipedia (tanpa piston volume)
b = cylinder bore (diameter)
s = piston stroke length
Vc = volume of the combustion chamber (including
head gasket). This is theminimum volume of the
space into which the fuel and air is compressed,
prior toignition. Because of the complex shape of this
space, it usually is measureddirectly rather than
calculated.
Dengan piston Volume
CR=(Vc+(D-PV))/Vc-PV
CR = Compression Ratio
Vc = volume of the combustion chamber (including
head gasket).
D = Displacement.
PV = Piston Volume
Kenapa ada piston Volume?
Karena jika aplikasi
Flat top piston maka gak ada masalah,
namun jika
masang piston cekung atau cembung (jenong) maka
Volumesilinder atau displacement
tentu berubah
karena dikurangi/ ditambahi
olehcekungan dan
cembungan piston crown..
Ato rumus simpelnya..
Volume Silinder + Volume Ruang bakar (termasuk
ketebalan gasket) / Volume Ruangbakar..
Misal Scorpio saya..
Displacement (Volume silinder) = 223 cc
Volume Chamber (ruang bakar) = 22.069 cc
Volume Gasket (tebal 1.1mm) = 4.231 cc
Piston Volume = 0 cc (Flat, gak dihitung)
Maka rasio kompresinya adalah :
223 + (22.069+4.231) / (22.069+4.231)
223 + 26.3 / 26.3
249.3 / 26.3
= 9.47 dibulatkan jadi 9.5 : 1
Sesuai spek di brosur..
Rumus diaBos-bos pasti dah tahu
cara ngitung
Volume silinder atau displacementkan?
Rumusnya,
3.14 X Bore X Bore X Stroke / 4
Misal scorpio saya lagi..
Bore = 70 mm
Stroke = 58 mm
Jadi, 3.14 X 70 X 70 X 58 / 4, ketemunya 223 cc
tadi..
Tetapi, pernah baca kurva Cam,
seperti ini?Ato
punyaKharisma di bawah ini?
Klep masuk buka 2° sebelum TMA,
nutup 25°sesudah TMB
Klep buang buka 34° sebelum TMB,
nutup 0°
sesudah TM
Ato Kawasaki athlete yg di post
bos Hanx13 ini..
Inlet :
Buka : 20⁰sebelum TMA
Tutup : 60⁰setelah TMB
Durasi : 260⁰
Exhaust :
Buka : 55⁰sebelum TMA
Tutup : 25⁰setelah TMB
Durasi : 260⁰
Yang saya BOLD adalah inlet nutup (intake closing)..
SELALU menutupsetelah TMB..
Padahal, rumus volume silnder, menggunakan
Stroke (180 derajat crack setelahTMA, 0 derajat
TMB) yg full..
alias dalam scorpio saya 58 mm..
Dimana saat itu, KLEP HISAP MASIH MEMBUKA..
bagaimana piston mengkompresi jika klep hisapmasih membuka??
Nah, karena saya blom tahu
(blom punya datanya)
kapan klep hisap scorpio menutup..
Sayatrus
mencoba mbongkar mesin
tepat setelah klep hisap
menutup..
Jadi posisipiston di silinder seberapa..
(diukur dengan dial gauge, blom punya busurderajat)
lalu ane ukur pake sigmat..
Berapa Stroke YANG
SISA, setelah klephisap menutup..
supaya bisa dicari
Rasio Kompresi Efektifnya..
Disebut Efektif karena baru saat itu
Piston benar-benar meng kompresi..
Disebut juga Rasio Kompresi DINAMIS
Ketemu STROKE setelah klep hisap
menutup adalah
25.4mm!!
(Hampirsetengah stroke)
Volume efektif jadinya (saat kompresi)
3.14 X 70 X 70 X 25.4 / 4 = 97.576cc
Rasio Kompresi efektif
(Volume silinder + Volume
chamber dibagi volume chamber)=
98cc + 26.3cc / 26.3cc = 4.73
Maaf jika ada kesalahan
saya hanya berbagi
Mari didiskusikan .